Blogger Banyumas


Oleh: Firdaus Putra A.

Tanggal 18 Mei yang lalu saya mengisi acara di Pelatihan Blog yang diadakan oleh Jojoba Kelana. Acara dimulai kurang-lebih pukul 09.00 WIB. Fenomenalnya, acara baru usai pukul 15.00 WIB. Jadi selama enam jam peserta mengikuti pemaparan materi dari beberapa pembicara. Tidak terlihat peserta yang bolos atau meninggalkan acara di tengah-tengah kegiatan. Bisa disimpulkan, anemo peserta cukup tinggi.

Satu bulan yang lalu saya dihubungi oleh Jojoba Kelana. Pembicaraan tersebut seputar kesediaan saya menjadi salah satu pembicara di kegiatan tersebut. Awalnya saya ragu, karena sebagai blogger, saya baru lima-enam bulan merambahi dunia blog.

Saya terima tawaran itu. Dengan harapan, semoga saya bisa memprovokasi kawan-kawan muda untuk membuat dan mengaktifkan dunai per-blog-an di Banyumas. Meskipun baru beberapa bulan terakhir saya intens nge-blog, saya mulai merasakan manfaatnya. Sekurang-kurangnya, bakat dan minat tulis-menulis menjadi terasah dan tertantang.

Dulu, saya baru menulis esai atau artikel ilmiah ketika lembaga tertentu meminta kontribusi tulisan. Atau ketika saya memasang Surat Terbuka di kampus melalui pamflet/poster yang saya tempel di mading-mading kampus. Saat itu, frekuensi dan tema yang saya tulis sangat terbatas. Hanya seputar gerakan mahasiswa, dinamika kampus, dan sebagainya.

Tapi sekarang, dengan adanya blog, frekuensi tulisan menjadi sering. Sekurang-kurangnya 7-10 hari sekali saya menghasilkan 4-5 judul. Tema yang saya tulis juga beragam. Mulai dari aktivitas kampus, gerakan mahasiswa, gaya hidup, sosial-politik, sosial-agama, atau sekedar curahan hati.

Saya termasuk orang yang percaya, bahwa dengan menulis orang akan semakin cerdas, jeli, dan teliti dan melihat permasalahan tertentu. Berbeda dengan bahasa verbal, tulisan memungkinkan kita melakukan sistematisasi pemikiran. Salah ucap atau salah omong menjadi kecil kemungkinannya. Alhasil, bangunan berpikir kita akan semakin konsisten dan logis.

63 peserta yang hadir saat itu menyiratkan bahwa masa depan dunia blog di Banyumas semakin cerah. Dulu pernah juga ada pelatihan sejenis, tepatnya di tahun 2005 yang diinisiasi oleh PUSKOM UNSOED. Dan jika tidak salah dengar, beberapa hari ke depan ada pelatihan sejenis. Entah siapa yang menginisiasi.

Harapan ke depan, selepas pelatihan, semoga kawan-kawan blogger pemula tidak bosan dan tidak patah semangat untuk merawatnya. Karena ada satu pepatah, “Merawat lebih sulit daripada membuat”. Membuat blog, 10-30 menit saya jamin pasti selesai. Tetapi, dibutuhkan waktu lama untuk senantiasa merawat blog yang sudah kita ciptakan.

Bagi peserta Pelatihan Blog, saya ucapkan, “Selamat datang di dunia blog. Selamat datang di dunia tanpa batas”. Titik akhirnya, semoga imajinasi kalian mampu melampaui batas-batas yang ada. []

23/05/2008
Share on Google Plus

About el-ferda

Saya mulai blogging sejak November 2007. Dulu awalnya iseng sekedar mengarsip tulisan atau foto. Lama kelamaan saya mulai suka menulis. Selain blogging, saya juga suka membaca, nonton film dan diskusi ini itu. Sekarang di tengah-tengah kesibukan bekerja dan lain sebagainya, saya sempatkan sekali dua kali posting tulisan. Tentang saya selengkapnya di sini
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments :

endar fitrianto mengatakan...

saya dari banyumas mas

blogger banyumas mengatakan...

Saya juga dari banyumas mas heuheuheu...

www.sahabalit.blogspot.com mengatakan...

Mantap dan elegan blognya bos,,, silahkan berkunjung di blog sya atau follow di blog saya,,,http//:sahabalit.blogspot.com